Upah Tukang Bangunan di Bandung

Upah Tukang Bangunan di Bandung

Upah tukang bangunan di Bandung – Mempunyai tempat tempat tinggal seperti rumah yang cantik dan nyaman pasti jadi mimpi tiap orang. Masalahnya rumah yang nyaman menjadi tempat beristirahat dari kepenatan fisik atau pikiran sesudah bekerja sepanjang hari.

Akan tetapi, untuk mempunyai tempat tinggal yang nyaman pasti harus ada penyiapan yang matang. Di mana penyiapan yang diartikan seperti persiapan dana, dan tukang bangunan yang profesional dalam soal membuat rumah tempat tinggal.

Karenanya, dalam usaha mempunyai rumah yang cantik dan nyaman. Cukup banyak dari warga, termasuk warga Bandung yang cari jasa tukang profesional untuk membuat rumah impian mereka. Tetapi tahukah Anda berapakah besaran upah tukang bangunan di kota Bandung?

Untuk jawab pertanyaan di atas. Karena itu kesempatan ini akan share info tentang besaran upah tukang bangunan yang perlu Anda bayar bila Anda tinggal di kota Bandung.

Pada intinya upah tukang bangunan di bandung maupun beberapa kota yang lain menganut dua mekanisme pembayaran, yakni mekanisme upah tukang harian dan mekanisme upah tukang Borongan.

Tentu saja biaya dari ke-2 mekanisme itu berbeda dan sudah ditata oleh pemerintahan dalam PP Nomor 70 Tahun 2015, untuk biaya tukang bangunan harian dengan kapabilitas tertentu sekitar antara Rp. 120.000 s/d Rp. 180.000.

Dan untuk biaya tukang borongan sekitar Rp. 2.550.000 s/d Rp. 5.500.000, bergantung material yang hendak dipakai untuk membuat rumah. Nach untuk memperjelasnya berikut ini kami beri deskripsi perincian upah jasa tukang bangunan bandung murah, baik yang harian atau borongan.

Upah Tukang Bangunan di Bandung

1. Upah Tukang Bangunan Harian

Sama seperti yang kami berikan di atas jika untuk tukang harian dengan keterampilan tertentu berlainan upah yang diterima dengan tukang harian yang non keterampilan.

Jadi di saat Anda ingin membuat rumah, seharusnya kenali lebih dulu berapakah besaran upah diterima oleh tukang bangunan sesuai detail kerjanya, berikut di bawah ini:

Jenis TukangHarga/UpahSatuan
MandorRp180.000harian
Kepala TukangRp150.000harian
Tukang AhliRp125.000harian
Kuli TerampilRp100.000harian
Kuli non TerampilRp90.000harian

Ketidaksamaan biaya seperti yang tertera di atas karena ada ketidaksamaan pekerjaan dan tanggung-jawab yang diterima.

  • Mandor : Mengawasi, mengatur dan memastikan keselamatan pekerja
  • Kepala Tukang: Mengarahkan dan memperbaiki jika ada hasil yang tidak sesuai
  • Tukang Ahli: Merakit dan memasang material yang diperlukan
  • Kuli Terampil: Membantu dan melayani keperluan tukang ahli
  • Kuli non terampil: Melayani semua keperluan tukang dan kuli terampil

2. Upah Tukang Bangunan Borongan

Besaran upah yang perlu Anda bayarkan pada tukang boyongan tentu saja tidak sama yang harus Anda beri ke tukang bangunan harian. Karena unit gajinya bukan harian tetapi standar upah tukang bangunan per meter. atau per tugas.

Dan biasanya, biaya atau upah dari tukang boyongan ini berbeda bergantung material dan persetujuan yang sudah dilaksanakan pada awal.

Untuk memperjelasnya, berikut kami beri contoh perincian upah tukang bangunan borongan di Bandung secara umum:

Jenis PekerjaanHargaSatuan
Penggalian pondasiRp95.000m2
Pemasangan batu kaliRp93.000m2
Pemasangan betonRp49.000 – Rp61.000m2
Pemasangan bataRp56.000 – Rp91.000m2
Pemasangan pintuRp110.000 – Rp151.000per unit
Pemasangan jendelaRp76.000per unit
Pemasangan atapRp45.000 – Rp99.000m2
Pemasangan plafonRp11.000 – Rp35.000m2
Pemasangan lstrikRp75.000per unit
Pemasangan sanitasiRp14.000 – Rp893.000per unit
PengecatanRp41.000 – Rp900.000m2

Dari contoh perincian di atas dapat berlainan sesuai keperluan di atas lapangan. Tetapi minimal, dengan contoh di atas Anda telah mempunyai rekomendasi berkenaan upah tukang bangunan di Bandung dengan mekanisme borongan. Hingga dengan demikian Anda dapat lakukan perhitungan saat sebelum memilih untuk memakai jasa tukang bangunan borongan.

Cara Menghitung Upah Tukang bangunan

Pada intinya untuk hitung upah tukang bangunan di bandung dengan mekanisme borongan tidak sulit. Anda cukup hanya mengalikan biaya per m2 dengan keseluruhan luas bangunan yang hendak dibuat.

Akan tetapi ada banyak hal yang penting Anda pikirkan dalam hitung pemberian upah ke tukang bangunan. Adapun beberapa hal yang penting Anda pikirkan salah satunya adalah seperti berikut:

1. Perhatikan Lokasi

Hal pertama kali yang jadi pemikiran ialah lokasi tanah yang hendak dibuat. Masalahnya untuk lokasi tanah yang ada di wilayah perkotaan semakin lebih mahal bila dibanding dengan lokasi yang tepian kota atau perdesaan.

Maka bila merencanakan untuk membuat rumah di tengah kota Bandung dengan memakai mekanisme boyongan. Karena itu harga pasti semakin lebih mahal dari contoh rincian harga di atas.

2. Tingkat Kesulitan

Hal ke-2 yang perlu diperhitungkan dalam hitung upah tukang bangunan di Bandung ialah tingkat kesusahan bangunan. Masalahnya kesukaran desain rumah akan memerlukan beberapa waktu untuk membuatnya.

Karenanya, di antara desain simpel sama yang sulit pasti berlainan dari sisi jumlah material yang dipakai dengan upah yang perlu dibayar.

3. Jenis Pekerjaan

Dalam pembangunan sebuah rumah ada banyak tipe tugas yang perlu dituntaskan, supaya rumah itu kuat dan nyaman untuk dihuni.

Dan biasanya, tiap tipe tugas itu mempunyai tingkat kesusahan yang berbeda. Hingga upah untuk jasa penyelesaiannya berbeda.

Karenanya bila dalam pembuatan rumah Anda ada tipe tugas yang tingkat kesusahannya lumayan tinggi. Maka punya pengaruh di harga seluruhnya jasa pembuatan.

4. Keahlian Tukang

Sama seperti yang kami contohkan pada tabel harga jasa tukang bangunan di atas. Di mana upah tukang pakar lebih tinggi bila dibanding dengan tukang biasa atau non pakar.

Nach bila ada beberapa tukang pakar yang kerjakan rumah Anda. Karena itu bisa ditegaskan upah seluruhnya tukang bangunan akan lebih banyak.

Tetapi Anda tak perlu khawatir akan hal tersebut. Karena makin bertambah tukang pakar yang kerjakan. Karena itu ongkos besar yang Anda keluarkannya akan terbayarkan dengan hasil pembangunan yang memberikan kepuasan sesuai yang Anda harapkan.

Tips Memilih Tukang Bangunan

Lainnya dari info mengenai upah tukang bangunan di bandung berikut dengan hitungnya. Hal yang lain tidak kalah penting untuk Anda kenali ialah langkah pilih tukang bangunan supaya tidak salah tentukan.

Karena itu berikut kami infokan bagaimanakah cara pas saat menentukan tukang bangunan, baik itu harian atau borongan sama seperti yang berikut ini.

1. Miliki Pengalaman yang Mumpuni

Di saat akan memakai jasa tukang bangunan, janganlah lupa untuk bertanya pengalaman yang telah dipunyai oleh tukang itu. Masalahnya jam terbang yang tinggi memungkinkannya mereka kuasai keterampilan yang diperlukan. Hingga kualitas pembuatan terjaga.

2. Sesuaikan Keahlian dengan Kebutuhan

Biasanya tiap tukang bangunan mempunyai keterampilan yang berbeda. Misalnya pakar dalam penempatan fondasi, atau pakar dalam penempatan beton. Nach upayakan keterampilan itu sesuai keperluan Anda.

3. Aktif Berkomunikasi

Panduan yang ke-3 saat menentukan tukang bangunan dengan menyaksikan seberapa jauh keaktifan mereka dalam berbicara. Karena hal itu bisa menahan ada ketidaksesuaian penglihatan akan tugas di antara Anda dengan tukang bangunan itu.

Disamping itu, tukang yang pro aktif dalam berbicara bisa memberi saran atau gagasan sesuai pengalaman mereka. Misalnya memberi anjuran pemakaian material yang baik atau murah.

4. Tanyakan Cara Kerja

Panduan yang lain saat menentukan tukang bangunan dengan cari tahu seperti apakah langkah kerja mereka dengan bertanya langsung ke tukang bangunan itu. Ini untuk menghindar tugas yang kelamaan yang notabene bisa membesarkan pengeluaran Anda.

5. Buat Hitam diatas Putih

Nach panduan yang paling akhir dengan membuat kontrak tercatat yang berisi mengenai persetujuan ongkos, lama waktunya pembuatan, material yang dipakai dan beberapa hal yang lain yang terkait dengan kegiatan pembangunan.

Ini diperlukan untuk memperhitungkan peluang jelek yang dapat terjadi di masa datang yang bisa bikin rugi kedua pihak, baik itu Anda atau tukang bangunan tersebut.

Kesimpulan

Dari penjabaran info di atas mengenai upah tukang bangunan di bandung, diharap menjadi rekomendasi untuk Anda yang tinggal di kota bandung dan ingin membuat tempat tinggal yang nyaman sebagai rumah.

Dari info di atas Anda dapat pilih satu dari 2 mekanisme pembayaran untuk jasa tukang bangunan, yakni dapat dengan mekanisme harian maupun boyongan sesuai bujet yang Anda punyai. Disamping itu, Anda bisa juga melakukan replikasi penghitungan upah seperti langkah yang tertera di atas.

Mudah-mudahan info ini bisa berguna dan bisa menolong Anda mendapati jasa tukang bangunan yang Anda harap. Janganlah lupa tolong sharing artikel ini supaya seseorang yang memerlukan dapat rasakan faedahnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *