Strategi Digital Marketing Untuk Meraup Untung Berlimpah

Sinergibisnis.com – Di zaman serba digital ini, mekanisme marketing dengan sistem digital marketing tidak lagi sekadar pilihan, tapi malah jadi kewajiban jika Anda ingin memenangi kompetisi bersaing dalam sektor perbisnisan.

Sangat sayang, baru sejumlah kecil perusahaan yang memanfaatkan digital marketing ini dengan optimal, banyak orang cuma manfaatkan mekanisme digital ini untuk kepentingan berbelanja lewat cara online atau baru hanya digital selling semata.

Walau sebenarnya kemampuan digital, malah ada pada fungsinya sebagai Branding produk dan Marketing yang dahsyatnya melewati marketing secara offline. Kunci sukses dari digital marketing ini berada pada strategy storytelling dan kekuatan membuat engagement yang kuat dengan konsumen setia.

“Semenjak awalnya Anda membentuk bisnis, Anda seharusnya tentukan arah dan apa key result yang ingin Anda raih, karena eksekusinya berlainan dibanding jika cuma selling dan branding,” ucapnya.

“Manfaatkan digital untuk UMKM di sekarang ini sudah menjadi strategi jika ingin usaha Anda menembus jadi startup menjelma jadi unicorn-unicorn.”

Perusahaan yang telah mature tentu saja lebih mempunyai kesempatan besar untuk melakukan investasi dalam digital ini. Dimulai dari sumber daya manusia s/d alat teknologi yang telah otomatis untuk jalankan digital.

Individu, konsentrasi perusahaan tidak boleh sekedar hanya menggugurkan kewajiban saja, tidak boleh cuma memburu omset dan keuntungan, tapi pikirkan bagaimana usaha yang kita bangun dapat memberi faedah yang besar. Kemungkinan beberapa marketing beranggapan jika media digital marketing cuma pas untuk perusahaan teknologi, walau sebenarnya semua perusahaan memerlukan saluran digital ini. Namun pendekatan yang sudah dilakukan pada masing-masing industri pasti memang berbeda,”

Saat ini silahkan kita coba masuk lebih dalam ke sisi yang paling penting dari strategi digital marketing yang bisa tingkatkan pemasaran produk Anda!

Untuk itu SinergiBisnis.com meringkas strategi tepat yang dapat Anda aplikasikan dalam strategi digital marketing buat tingkatkan performa usaha Anda, salah satunya :

Strategi Digital Marketing Untuk Meraup Untung Berlimpah

 

 

Strategi Digital Marketing Untuk Meraup Untung Berlimpah

SEO

Lakukan optimisasi mesin telusur atau Search Engine Optimization (SEO) ialah terhitung salah satunya dari strategi digital marketing. Masalahnya beberapa orang yang memakai Google saat akan cari info mengenai berbagai tipe produk dan beli sebuah produk. Karena itu, SEO mempunyai tujuan untuk tempatkan web Anda pada rangking atas pada hasil penelusuran.

Makin bertambah pengunjung yang tiba ke web Anda, karena itu makin kemungkinan besar ada pembelian (conversion rate). Berikut keutamaan lakukan optimisasi mesin perayap atau SEO (Search Engine Optimization).

Dengan usaha SEO yang bagus, web Anda dapat ada di halaman khusus Google. Tetapi, usaha SEO harus dilaksanakan terus-terusan karena algoritma Google selalu berbeda.

SEM

SEM atau Search Engine Marketing adalah usaha untuk arahkan pemakai Google ke halaman web Anda lewat iklan. Berlainan dengan SEO, strategi SEM lebih sanggup memperlihatkan hasil yang cepat.

Tidak itu saja, SEM memungkinkannya Anda mengatur sasaran marketing berdasar lokasi, usia dan yang lain. Bahkan juga, strategi ini dapat ditata sesuai hasil penilaian yang sudah dilakukan secara real time. Bila gagal di salah satunya program, Anda langsung bisa menghentikannya . Maka, SEM ini lebih fleksibel.

Dalam kata lain, bila Anda tidak mau kehilangan kekuatan pengunjung dari mesin perayap, tetapi inginkan hasil yang cepat dan pas, SEM menjadi opsi.

Social Media Marketing

Tiap tahun, jumlah pemakai sosial media semakin bertambah sampai juta-an pemakai. Ini sebagai kekuatan yang paling prospektif untuk usaha promo. Apa lagi sosial media mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai kanal lain, yakni sanggup mencapai customer lebih individual.

E-mail Marketing

Apa channel marketing yang paling dicintai customer untuk memperoleh promosi produk? Jawabnya ialah “e-mail”

Sebuah riset memperlihatkan kecondongan customer untuk pilih e-mail sampai 70%. Jauh dibanding promo lewat sms yang cuma 2%. Itu maknanya, bila usaha marketing Anda tidak meliputi usaha e-mail marketing, Anda melewati peluang besar.

Contoh paling fakta ada dari produsen electronic, Dell.

Program e-mail marketing yang mereka lakukan sanggup tingkatkan revenue sampai 109%! Triknya, dengan membuat animasi GIF inovatif yang dicintai calon customer mereka.

Website

Apa…? Memakai website untuk marketing?

Ya,betul…! Anda tidak salah baca.

Sekitar 60% customer beli sebuah produk sesudah membaca content di website. Tersebut argumen lebih dari 90% usaha di penjuru dunia membuat website untuk bisa tingkatkan pemasaran.

Bila Anda masih sangsi dengan website untuk marketing, kami punyai keterangan ini. Iklan sebagai cara baik untuk memacu pemasaran. Realitanya, banyak pemakai internet yang memasangkan adblock.

Maknanya, iklan yang Anda pasang dengan ongkos mahal belum pasti sampai ke calon customer. Tetapi dengan membuat content yang memikat, berkaitan dan berguna, pembaca akan memperoleh nilai lebih, hingga content website Anda yang hendak dicari oleh calon customer.

Facebook dan Instagram Ads

Kemungkinan Anda menanyakan, “Mengapa harus memakai iklan berbayar jika dapat mempublikasikan content promosi dengan gratis di account personal Anda?”

Jawabnya ialah, walau posting di account Anda sendiri dapat dilaksanakan secara gratis, tetapi ada kelebihan yang dijajakan Facebook dan Instagram Ads.

Apakah itu? Anda dapat mencapai audience yang lebih detil dan memperoleh hasil lebih cepat. Bila melakukan sendiri, butuh waktu untuk Anda untuk lakukan penelitian buat mencapai audience yang akurat. Itu juga harus dengan langkah-langkah penilaian yang cukup sulit. Basis Facebook mempermudah ini untuk Anda karena akses data yang mereka punyai. Ini pasti sesuai profile yang terdaftar dari tiap-tiap pemakai Facebook.

Sebagai contoh, bila Anda seorang freelancer photo pre wedding, karena itu tentunya calon customer Anda ialah beberapa orang yang hendak menikah atau engaged.

Nach, dengan Facebook Ads, Anda tidak perlu cari satu-persatu calon customer itu dan tawarkan jasa Anda.

Afiliasi Marketing

Tidak boleh dahulu mengerutkan dahi dengan istilah afiliasi marketing. Beberapa dari Anda sebelumnya pernah memakai strategi ini, walau sebagai affiliates-nya. Affiliate marketing ialah usaha marketing manfaatkan kontribusi faksi lain dengan imbalan berbentuk komisi.

Langkah promo-nya ialah memakai code coupon atau referral yang unik. Banyak beberapa perusahaan besar di dunia yang memakai strategi ini untuk tingkatkan pemasaran. Misalnya, Uber dan Airbnb. Mereka mempunyai Program Affiliate Indonesia yang lumayan menarik ketertarikan banyak affiliates di Indonesia.

Secara simpel affiliate marketing bekerja dalam 3 tingkatan:

  1. Anda buka program affiliate dan orang mendaftarkan.
  2. Anggota affiliate Anda mulai mempromosikan produk dengan kode referal.
  3. Anda memberi komisi atas tiap pemasaran yang sukses dilaksanakan.

Pokok dari strategi ini adalah tingkatkan banyaknya orang yang jual produk Anda. Dalam kata lain, Anda jadi banyak memiliki marketing. Lantas, bagaimana melakukan strategi affiliate marketing secara baik? Berikut beberapa tips-nya:

1. Tentukan Afiliasi

Marketing Terbaik Sebagai duta pemasaran Anda, marketing yang bagus bukan hanya segera dapat tingkatkan pemasaran tetapi juga jaga rekam jejak usaha Anda secara baik.

2. Beri Komisi berdasar Pemasaran

Makin bertambah mitra Anda jual, makin bertambah komisi yang Anda beri. Baik dengan mekanisme persentase komisi flat atau bertahap.

3. Tulis Persyaratan dan Ketetapan dengan Terang

Selainnya untuk menghindari salah paham, Anda perlu jelaskan persyaratan dan ketetapan untuk memberikan kesan-kesan professional.

Misalkan, dengan tentukan kapan komisi dapat dicairkan.

4. Tetapkan Langkah Promo

Anda dapat memakai code coupon untuk dibagi atau dapat memakai link yang hendak mencari kegiatan pemasaran dari promo mitra Anda. Bila strategi ini sanggup digerakkan secara baik, kenaikan revenue usaha Anda dapat didapat secara mudah. Kenyataannya, 16% hasil dari transaksi bisnis online datang dari affiliate.

Online PR

Strategi digital marketing Anda kurang komplet tanpa Online PR (Public Relation). Karena, usaha public relation yang sudah dilakukan secara tepat bisa membuat citra usaha yang bagus di tengah-tengah warga.

Seperti Anda ketahui, rekam jejak online penting untuk keberlangsungan usaha periode panjang. Saat Anda lakukan promosi dengan iklan, Anda memperlihatkan jika produk Anda berkualitas.

Kebalikannya, bila memakai usaha PR yang sukses, seseorang akan mengaku kelebihan produk Anda . Maka, dua hal yang lain ini semestinya jadi strategi yang Anda pakai bersama-sama dan sama-sama memberikan dukungan.

Influencer

Berapa kerap Anda beli sebuah produk sesudah mendapatkan referensi seseorang? Bila kerap, memiliki arti peranan influencer untuk mempengaruhi keputusan pembelian Anda lumayan besar.

Influencer adalah seorang yang dapat memengaruhi keputusan pembelian seseorang karena ketrampilan, kepopuleran dan rekam jejak yang dipunyainya. Bila bicara dunia digital, influencer pasti seorang yang mempunyai pangkalan massa (followers) di beberapa basis digital baik sosial media, website dan yang lain.

Seorang influencer umumnya bisa menjadi trendsetter yang hendak dituruti oleh pengikutnya. Kelebihan memakai influencer sebagai strategi marketing ialah bisa tingkatkan merek awareness produk Anda, tingkatkan keyakinan warga, dan tentu saja mengangkat pemasaran.

Tersebut sembilan strategi digital marketing yang bisa Anda kerjakan, buat mengangkat pemasaran, yang tentu saja diharap dapat tingkatkan pencapaian omset dan berpengaruh pada makin maju dan mengembangnya usaha online yang Anda jalani. Selamat mempraktikkan. (WM/Kha)

 

Tinggalkan komentar