Pengertian Perseroan Terbatas / PT Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Perseroan Terbatas – Perkembangan cukup pesat dari sektor ekonomi Indonesia, tentu tak pernah lepas dari keterlibatan banyak kegiatan usaha di dalamnya.

Kegiatan usaha yang baik sudah tentu memiliki atau berbadan usaha. Badan usaha itu sendiri pun banyak jenisnya. Salah satu yang paling populer di Indonesia adalah PT.

Lalu apa itu PT, hal-hal apa saja yang menjadi ciri dari badan usaha tersebut, berikut kelebihan dan kekurangannya? Silakan simak penjelasan di bawah ini.

1. Pengertian Perseroan Terbatas / PT

PT atau umum di kenal dengan kepanjangannya Perseroan Terbatas merupakan salah satu jenis badan usaha yang di akui oleh Negara Indonesia, dalam bentuk perlindungan hukum dengan saham sebagai modalnya.

Menurut UU Nomor 40 / 2007, kami menyimpulkan bahwa:

Perseroan Terbatas adalah suatu jenis badan usaha berbentuk badan hukum yang berdiri di dasari oleh perjanjian dan dapat menjalankan kegiatannya bermodal dasar yang secara keseluruhan terbagi dalam bentuk saham atau di sebut juga Persekutuan Modal.

Perusahaan dengan jenis PT, modal sahamnya dapat di jual kepada peminat atau pihak lain. Berdasar dari ini, perubahan kepemilikan atau restrukturisasi organisasi sangat mungkin terjadi. Namun tanpa perlu membubarkan atau membuat perusahaan baru.

PT yang di dirikan wajib mempunyai pengurus sebanyak (minimal) 2 orang. Selama proses pembuatannya pun harus dalam bentuk perjanjian, di saksikan oleh notaris. Lalu di buatkan akta perusahaan demi mendapatkan pengesahan oleh Menteri Hukum dan HAM.

2. Ciri Dari Perseroan Terbatas / PT

Adapun ciri-ciri dari badan usaha ini adalah:

  • Bertujuan untuk mencari keuntungan, boleh berarti memiliki fungsi komersial.
  • Modalnya terbentuk dari banyak saham dan obligasi.
  • Hukum perdata beserta hukum lainnya, mengatur setiap hubungan usahanya.
  • RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham merupakan kekuasaan tertinggi dan adanya Direksi bertindak sebagai pimpinan.
  • Karyawan yang bekerja pada perusahaan berbadan usaha PT, berstatus Karyawan Swasta.
  • Tidak memperoleh fasilitas khusus dari negara.

3. Jenis Perseroan Terbatas

UU Nomor 40 / 2007 atau UUPT juga mengemukakan klasifikasi dari badan usaha PT. Adapun jenisnya antara lain:

3.1 PT Terbuka (Tbk.)

PT Terbuka adalah salah satu jenis badan usaha yang dapat membuat penawaran saham secara terbuka. Ada beberapa persyaratan tertentu, wajib di penuhi supaya menjadi Go Public, atau mempunyai kapasitas menjual sahamnya kepada masyarakat.

3.2 PT Tertutup

Berbeda dengan sebelumnya, Perseroan Terbatas Tertutup, para pemilik sahamnya hanya terdiri dari golongan tertentu saja atau sudah saling kenal, contohnya perusahaan keluarga.

3.3 PT Publik

Menurut UU Nomor 8 / 1995 – Pasar Modal Pasal 1 Ayat 22 menyebutkan bahwa sebuah perusahaan dapat di akui sebagai Perseroan Terbatas Publik jika ada 300 orang yang bertindak sebagai pemegang saham. Berikut jumlah modal minimal, wajib setor adalah 3 Miliar rupiah.

4. Modal Pada Perseroan Terbatas

Dalam mendirikan sebuah PT tentu di butuhkan modal atau pendanaan. Nah, berikut ini sumber pendanaannya:

4.1 Modal Dasar

Merupakan dana yang di miliki sebuah perusahaan, merupakan gambaran seberapa besar perusahaan itu. Besaran modal menentukan kelas dari Perseroan Terbatas:

KlasifikasiModal Dasar (Rupiah)
Kecil50 Juta
Menengah500 Juta
Besar10 Miliar

4.2 Modal di Tempatkan

Modal yang berdasar dari kesanggupan setiap pemegang saham dalam menanamkan modal terhadap suatu perusahaan. UUPT Pasal 33 mengatakan bahwa minimal modal yang di tempatkan berjumlah 25% dari Modal Dasar Perusahaan.

4.3 Modal di Setorkan

Di sebut sebagai sumber pendanaan paling nyata, sebab para pemilik saham sudah menyetorkan sejumlah modal. Sama seperti sebelumnya, besaran jumlah setor adalah minimal 25% dari Modal Dasar Perusahaan.

5. Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

5.1 Kelebihan

  • Aset perusahaan dan pribadi terpisah.
  • Jangkauan bisnis yang lebih luas
  • Banyak ragam aktivitas bisnis dapat di lakukan
  • Badan usaha yang di akui oleh negara / berbadan hukum

5.2 Kekurangan

  • Wajib menyiapkan dana yang cukup besar
  • Proses pendirian PT terbilang rumit

Nah, ingin membuat atau mendirikan PT tanpa harus melalui proses yang memakan banyak waktu dan biaya terjangkau? Silakan kunjungi layanan kami: Jasa Pendirian PT Murah segera!