Kisah Penjaga Warnet Sukses Bisnis di Internet

Kisah Penjaga Warnet Sukses Bisnis di Internet

Semua orang yang bekerja dengannya dia anggap sebagai sebuah tim. Dia tidak pernah ingin menyebut orang yang bekerja dengannya sebagai karyawan. Karena menurutnya, antara dia dan mereka terdapat hubungan simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan. Dia merasa membutuhkan timnya, dan timnya membutuhkan dirinya sebagai owner bisnis.

Dia adalah Muhammad Masyrofi, owner GSA Sport Indonesia dari kota Kediri, Jawa Timur. Bemula dari bekerja sebagai penjaga warnet, siapa nyana justru dari pekerjaannya itulah pria asal Nganjuk ini terilhami untuk memanfaatkan jaringan internet untuk berjualan. Jualannya pun termasuk produk yang tidak umum, yakni senapan angin berbagai jenis dan merek. Berikut kisahnya !

“Sebenarnya awal saya mengenal Digital Marketing itu dimulai tahun 2008 ketika masih SMA dengan membuat blog. Semua aktifitas Pramuka, osis dan organisasi sekolah saya muat dalam blog itu, dan kebetulan saya memang suka berorganisasi dan bertemu orang baru.“ujarnya.

Tahun 2010 selepas SMA, pemuda yang hobby berorganisasi ini pindah ke kota Kediri untuk melanjutkan kuliah. Di kota Kediri, dia bekerja sebagai penjaga sekaligus operator warnet.

“Itu sebuah pekerjaan yang sangat bergengsi menurut saya ketika itu, dan pekerjaan sebagai operator warnet itu saya tekuni sampai tahun 2014. Saya katakan demikian karena saya dapat fasilitas bebas menggunakan akses internet selama 24 jam, sehingga aktifitas saya menulis artikel di blog bisa saya kerjakan dengan rutin, meskipun gaji yang saya terima tidak begitu banyak, tetapi saya dapat tempat tinggal secara cuma-cuma. Saat menjaga warnet itulah saya terfikir untuk membangun sebuah bisnis yang bisa saya jadikan sebagai pekerjaan utama,” katanya.

Sambil menjalankan tugasnya sebagai penjaga warnet, Masyrofi demikian dia akrab disapa, terus berusaha mencari peluang bisnis yang lain. Waktu kerja di warnet yang 24 jam itu menjadikan dia larut dalam suasana warnet dengan permainan game sambil terus mengupdate blog yang dia bangun sejak 2008, berbagai artikel dia posting melalui blog priobadinya, aneka tips, berita, game kecuali artikel gossip dan judi.

“Aneka artikel saya bisa upadet setiap saat kecuali artikel gossip dan judi. Tugas menjaga warnet jalan, update artikel juga jalan, di tambah menjual karakter game, sampai memasuki tahun 2014, saya kefikiran untuk merintis sebuah bisnis, dan di situlah saya berusaha mencari teman yang bisa diajak sharing-sharing kerjasama. Saya percaya bahwa silaturahmi itu mendatangkan rejeki dan memanjangkan umur, dan itu terbukti. Dari hari pertemuan dengan sejumlah kawan, saya lalu merintis usaha jual beli senapan angin ini.”

Diceritakannya, pertemuan dengan sejumlah kawannya itu terjadi di sekitar tahun 2014 bersamaan gunung Kelud meletus. Ketika itu Masyrofi melakukan perjalanan dengan beberapa teman menuju Malang untuk kopdar bersama komunitas Digital Marketing.

“Meski saya tidak faham betul apa yang kami bahas dalam pertemuan itu, namun saya hanya ikut saja. Namun dari hasil pertemuan itulah, setelah saya kembali ke Kediri mendirikan GSASport Indonesia, dengan website dengan menggunakan domain resmi. Tiga bulan setelah berdiri, permintaan sudah mulai banyak yang berdatangan. Saya mulai resign dari warnet dan mulai fokus menjalankan bisnis GSA ini. Awalnya numpang di mesjid, lalu mengontrak sebuah gudang di Pare, dan itulah yang menjadi kantor sekaligus gudang kami sampai saat ini.”

Kesulitan keuangan dan pengelolaan yang masih amburadul di awal-awal menjadikan banyak anggota tim yang ‘prothol’ atau keluar satu per satu, terutama tim inti yang terdiri dari laki-laki, dengan alasan mereka ingin mencari pekerjaan di tempat lain.

“Itulah pasang-surutnya sebuah bisnis. Resiko dari menangani banyak orang dengan pemikiran yang berbeda-beda. Keinginan dan pandangan yang berbeda-beda menyebabkan mereka keluar dan berpindah tempat kerja, ditambah pula dengan kondisi keuangan perusahaan ketika itu yang belum stabil dan belum dikelola dengan baik,” imbuhnya.

Cashflow yang belum beres ketika itu, menjadikan tim yang dia bangun dari awal berantakan dan hengkang satu per satu.

“Itu sekitar tahun 2018, tim kerja kami berantakan dan perusahaan harus menanggung beban tangungan ratusan juta rupiah, membuat saya dan seorang kawan harus kembali mengambil alih kendali perusahaan, sekaligus menjadi admin dan CS, sambil merekrut personil untuk membangun tim yang baru yang kini kebanyakan adalah perempuan.”

Setelah tanggungan ratusan juta bisa tertangani dengan baik, pengeloaan keuangan juga telah tertangani dengan baik, marketing juga telah diperkuat, namun di tahun 2018 kembali terjadi badai saat algoritma google berubah. Namun badai itu dia atasi dengan membuka channel Youtube, dan GSA Sport Indonesia itu bisa berdiri dan berjalan mulus hingga saat ini.

Adapun produk yang dijual GSA Sport Indonesia adalah senapan angin berbagai jenis. Sebagaimana diketahui, senapan angin merupakan salah satu peralatan wajib untuk warga yang berada di tepi hutan untuk keperluan berburu, dan juga untuk perlengkapan olah raga menembak.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis senapan angin mulai dari yang berukuran kecil, layaknya pistol sampai yang berukuran besar seperti senapan laras panjang dan masing memiliki sistem dan cara kerja yang berbedap-beda. Untuk itu para “bedilers”, istilah untuk mereka yang hobby menembak, harus mengenal dengan baik setiap jenis-jenis senapan angin yang ada di Indonesia, beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi anda para bedilers baik pemula maupun yang sudah senior perlu mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan membeli senapan untuk berbagai keperluan, baik untuk berburu maupun untuk keperluan olah raga, agar Anda tidak salah memilih senapan yang Anda butuhkan. Percayakanlah kebutuhan senapan Anda di GSA Sport Indonesia. Karena GSA Sport Indonesia menyediakan berbagai jenis senapan angin mulai dari Sharp, Gejluk, dan PCP serta perlengkapan Outdoor lainnya. Anda juga dapat mengunjungi websitenya di gsasportindonesia.co.id.

Kelebihan dari senapan pompa yang dijual GSA Sport Indonesia, mudah digunakan baik untuk berburu maupun untuk olah raga menembak. Di antara sekian banyak jenis senapan angin, jenis Sharp termasuk yang paling banyak digunakan, diluar jenis yang lain seperti cannon dan Benjamin.

Fokus pada pekerjaan apapun yang dijalankan dan terus mengosongkan gelas untuk memberi ruang masuknya ilmu dan pengetahuan baru adalah prinsip hidup dari Muhammad Masyrofi.

“Kosongkanlah gelasmu selalu, andaipun tak bisa kosong melompong, cukup kosongkan separuh, agar selalu ada ruang untuk masuknya ilmu yang baru. Dan fokuslah selalu pada pekerjaan yang sedang Anda hadapi, teruslah berlatih dan berusaha memperbaiki mindset, bekerjalah yang keras namun cerdas, lakukan inovasi kreatif dan perkuat leadership menyangkut pendelegasian tugas dan jangan mengerjakan semua pekerjaan sendirian dan Ayo Berani Jadi Juragan Online.”pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *