Bisakah Memulai Bisnis tanpa Modal ?

Bisakah Memulai Bisnis tanpa Modal

Sinergibisnis – Sebenarnya semua bisnis apapun selalu membutuhkan modal. Jenis usaha apapun yang akan Anda lakukan, harus Anda mulai dengan mempersiapkan modal. Sehingga tak ada satupun jenis bisnis, usaha dagang maupun aktivitas penjualan barang maupun jasa yang bisa Anda lakukan, bila Anda tidak memiliki modal. Terlebih ketika Anda harus menjual barang orang lain, maka Anda harus menyiapkan sebuah modal yang sangat besar, yakni kejujuran, sikap amanah dan dapat dipercaya.

Pembina Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Pusat, Dr. Muhammad Arifin Badri mengatakan, banyak orang yang sukses menjadi pengusaha besar hanya bermodalkan kejujuran dan sikap amanah. Menurutnya, kedua sikap itu adalah merupakan modal terbesar bagi setiap pebisnis, sebab tanpa modal itu, maka sebanyak apapun dana yang Anda miliki, tetap akan habis percuma tanpa didasari kejujuran dan kemampuan memegang amanah.

“Bila Anda dipandang sebagai orang yang jujur, bila Anda mampu membangun kepercayaan, ketika Anda diberi amanah lalu Anda selalu berusaha menjalankan amanah itu dengan baik, maka itu artinya Anda telah memiliki modal untuk membangun usaha, Anda telah memiliki pintu menuju kesuksesan. Uang bukan satu-satunya modal untuk berbisnis, dana yang banyak tidak ada faedahnya tanpa Anda memiliki kepercayaan. Banyak orang yang dengan senang hati menitipkan barang jualan, produk dan jasanya kepada Anda untuk dijual apabila Anda terbukti dapat memegang amanah dengan baik, jujur dalam bersikap dan bertutur. Maka milikilah modal itu,” katanya.

Memang sebagian orang ketika mendengar istilah ‘modal’, maka pikirannya langsung tertuju kepada ‘uang’, dan bisnis yang merupakan kegiatan usaha berupa menjual dan membeli barang ataupun  jasa, yang tujuan akhirnya adalah ingin memperoleh margin atau keuntungan. Selisih antara harga saat kita membeli dan saat kita menjual barang tersebut itulah yang kemudian lazim disebut sebagai laba atau keuntungan usaha.

Nah, dalam aktivitas mencari laba melalui kegiatan membeli dan menjual barang itu kaitannya sangat erat dengan alat tukar yang disebut dengan uang. Maka tidak heran, ketika sebagian kita mendengar istilah “Modal”, maka benak kita akan langsung tertuju pada nilai tertentu untuk membiayai usaha yang akan kita geluti.

Namun menurut Muhammad Arifin Badri, uang bukan satu-satunya modal, bukan pula satu-satunya penentu bisa atau tidak bisanya kita memulai bisnis. Bahkan tanpa uang pun, sebuah usaha dan bisnis bisa tetap berjalan ketika Anda memiliki modal jenis lain seperti; sikap amanah, waktu, ide-ide kreatif, serta networking yang luas.

“Jaringan yang luas, pertemanan yang banyak, serta pergaulan yang supel itu juga merupakan ‘modal’ penting untuk memulai usaha. Saat Anda membangun pertemanan itulah awal Anda menciptakan kesan sebagai pribadi yang amanah, jujur dan bisa dipercaya, sebagai modal Anda ketika tiba saatnya Anda membangun bisnis,” imbuh Muhammad Arifin Badri.

Bisakah Memulai Bisnis tanpa Modal ?

Sesungguhnya bersama dengan uang, ada lima jenis modal yang harus dimiliki oleh para calon pebisnis, di antaranya;

1.Waktu

Waktu juga termasuk modal penting dalam berbisnis. Sebab tanpa kesempatan yang Anda sengaja luangkan untuk fokus dalam kegiatan bisnis, maka mustahil bisnis Anda akan bisa berjalan.

2.Ide kreatif

Ini juga termasuk modal penting. Sebuah bisnis bisa terus berkembang karena inovasi yang terus dilakukan oleh si pemilik bisnis. Ketika Anda mengabaikan inovasi, abai dan tidak peduli untuk mencari ide-ide yang segar, maka bisnis Anda akan kalah bersaing. Telah banyak contoh perusahaan raksasa yang tumbang dan hilang dari percaturan dunia, karena mengabaikan inovasi.

3.Networking yang luas

Anda juga akan mengalami kesulitan mengembangkan bisnis bila tidak memiliki jaringan, pertemanan dan kurang supel dalam bergaul. Bisnis Anda hanya akan dikenal oleh lebih banyak orang bila Anda mampu membangun networking yang baik.

4.Sikap

Sikap yang dimaksud di sini adalah jujur dan amanah. Sikap ini juga merupakan modal paling utama. Walau Anda tidak memiliki uang sekalipun, Anda tetap masih bisa menjalankan bisnis dengan bermodalkan sikap jujur dan amanah ini. Ide kreatif bisa dipelajari, networking bisa dibangun, waktu bisa diluangkan, bila Anda memiliki sikap amanah serta kejujuran dan dipandang sebagai pribadi yang baik dan bisa dipercaya.

5.Uang

Kita semua sudah maklumi bersama uang termasuk salah satu modal dalam membangun bisnis. Hanya salah satu, bukan satu-satunya. Bahkan bisnis bisa tetap berjalan tanpa bermodalkan uang.

Kelima faktor yakni; waktu, ide kreatif, networking, sikap amanah dan uang inilah modal mutlak yang perlu Anda miliki untuk memulai suatu bisnis.

Jika di antara kelima hal tersebut ada yang kurang, itu bukan menjadi penghambat Anda untuk membangun bisnis. Anda tidak perlu menunggu untuk memiliki kelima faktor itu untuk memulai usaha, sebab Anda banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara memulai usaha…he he.

Sebagai salah satu alternatif,  Anda bisa bermitra dulu dengan rekan bisnis yang memiliki pemikiran bisnis yang sejalan dengan Anda, sambil mempelajari dan mengumpulkan lima faktor yang telah disebutkan di atas. Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan bisnis Anda makin terasah, modal yang dibutuhkan juga sudah memadai, maka Anda bolehlah berdiri sendiri, memasang target sendiri untuk jangka waktu tertentu. Kegiatan ini lazim dikenal dengan istilah Business Plan.

Sekali lagi, bisnis tidak selamanya harus dimodali dengan uang. Banyak bisnis yang bisa dimulai dengan modal ‘nol’, asalkan didukung dengan ide kreatif, kemampuan menonjol dalam bidang tertentu, jaringan networking yang luas serta sikap amanah. Kawan pebisnis maupun yang baru mau berbisnis, ketahuilah…! Pengertian bisnis itu sangat luas, Bisnis tidak hanya menjual barang, tetapi juga bisa menjual jasa. Oleh karenanya Anda bisa memanfaatkan kemampuan serta keahlian yang Anda miliki, tawarkan keahlian tersebut ke orang-orang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, sebut saja internet dan media sosial serta jejaring sosial lainnya untuk menunjang bisnis Anda.

Akhirnya, kami ucapkan “Selamat datang di dunia bisnis”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *