Bagaimana Membangun Semangat Jiwa Pengusaha?

Bagaimana Membangun Semangat Jiwa Pengusaha?

Salah satu sumber tenaga terbesar bagi seseorang dalam memulai sesuatu adalah minat dan semangat. Rektor STDI Imam Syafii Jember, Ust.DR.Muhammad Arifin Badri, Lc.MA mengatakan, seorang bisa menjadi pebisnis sesungguhnya diawali dengan munculnya semangat dan jiwa pebisnis dalam dirinya. Adapun cara dan asbabun nuzul munculnya semangat itu, bermacammacam dan berbedabeda pada masingmasing orang.

Ada yang tibatiba memiliki semangat bisnis karena melihat orang lain yang sukses menjadi pengusaha, ada yang memang ditempa sejak kecil karena hidup dan tinggal di lingkungan pengusaha, ada yang karena faktor kepepet keadaan, dan macammacam lagi yang lain.

Yang jelas, ustadz dan sekaligus pengusaha itu menegaskan, minat serta semangat dan jiwa entrepreneur itulah sesungguhnya modal utama seseorang untuk menjadi pebisnis, bukan uang.

Minat ini yang paling utama yang harus Anda jadikan modal, bila ingin terjun menjadi seorang pengusaha. Semangat yang membara, semangat ingin maju dan sukses. Karena sesungguhnya dunia bisnis itu ibarat sebuah medan juang, penuh dengan pengorbanan, sarat dengan perjuangan, maka diperlukan sebuah semangat yang besar, tidak setengahsetengah dalam memenangkan perjuangan itu, “jelasnya.

Senada dengan itu, ketua KPMI korwil Kediri, Abu Mirza mengatakan, yang perlu dipahami dalam siklus bisnis secara keseluruhan, bahwa umumnya kegagalan start up bisnis itu justru banyak terjadi pada periode tahun pertama dari awal pembentukannya. Hal itu dikarenakan sikap dan mental para pebisnis pemula yang tidak tahan banting dan mudah menyerah.

Itu sebabnya juragan online ini mewantiwanti para pebisnis pemula maupun yang telah senior agar tetap menjaga kestabilan mental dan jiwanya, karena hal itu merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar.

Anda tidak akan bisa memenangkan pertarungan serta persaingan di dalam dunia bisnis, bila masih setengah hati dan mudah menyerah,” katanya.

Kali ini wirausahamedia.com akan menguraikan sejumlah langkahlangkah penting dalam menyiapkan mental bertarung yang kuat, agar Anda dapat terus menjaga kestabilan semangat Anda dalam memenangkan persaingan dan menjalankan roda bisnis Anda.

Langkah pertama, pilihlah bidang bisnis yang sesuai dengan dasar kemampuan atau keahlian yang Anda miliki, karena basis pengetahuan menjadi penting dalam memberikan dorongan bagi kemajuan bisnis yang Anda tekuni.

Langkah kedua, buatlah rumusan mengenai bidang bisnis Anda, tentang bagaimana Anda menjalankannya, bagaimana Anda mengembangkannya, serta susun mekanisme dalam melakukan pembukuan keuangan dan pemenuhan modal finansial.

Langkah ketiga, perbanyaklah referensi pengetahuan mengenai bidang bisnis yang sedang Anda jalankan. Meskipun Anda telah ahli dalam bidang bisnis tersebut, namun memperbanyak referensi pengetahuan tetap menjadi hal yang penting. Perbanyaklah membaca buku tentang selukbeluk bisnis yang sedang Anda jalankan. Lakukan sharing dan diskusi dengan para pelaku usaha sejenis dan cermati setiap kondisi lingkungan di sekitar Anda. Itu semua bisa membantu Anda dalam menguatkan insting, baik dalam pengembangan bisnis maupun dalam upaya antisipasi resiko.

Langkah keempat, tangkaplah semua peluang bisnis yang ada, sebab peluang itu bisa terjadi kapan saja dan tidak terjadi berulangulang. Diperlukan kejelian untuk mampu membaca peluang yang dapat mengantarkan bisnis Anda meraih kemajuan. Perbanyaklah menjalin hubungan dengan pelaku bisnis maupun terlibat dalam asosiasi atau komunitas yang memiliki kesamaan jiwa dalam bidang bisnis yang sedang Anda jalankan.

Langkah kelima, lakukanlah semua rencana Anda dan jalankan aktifitas Anda sesuai dengan skema perencanaan yang telah Anda buatYang perlu Anda ketahui, mental dan semangat berjuang itu hanya bisa menjadi kuat melalui tempaan dan pengalaman nyata, bukan melalui rancangan maupun anganangan.

Demikianlah lima langkah yang dapat Anda lakukan dalam menjaga dan memperkuat jiwa, mental dan semangat Anda dalam berbisnis. Bisnis bukan sekedar meniru, bukan pekerjaan mencontoh serta menjiplak kesuksesan orang lain. Bisnisman bukan sekedar profesi biasa yang bisa Anda lakukan meski jiwa Anda bukan di sana, tetapi bisnisman adalah orang berkarakter pebisnis, yang hanya akan Anda miliki melalui aktifitas langsung dalam aspek praktik nan praktis.

Jadi, perkuat mental itu melalui observasi secara langsung. Usia muda adalah saat yang tepat untuk banyak berlatih langsung, karena waktu untuk jalan kesuksesan terbentang masih panjang di depan Anda. Selamat berlatih dan berjuang semoga jalan keberuntungan terbuka lebar menuju ruang keberkahan bagi kita semua

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *