Alasan Pemerintah Menurunkan Pajak UMKM

Sinergibisnis – Anda perlu tahu beberapa alasan Pemerintah menurunkan pajak UMKM. Sebagai salah satu pemutar roda perekonomian negeri kita tercinta. Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat banyak di lingkungan sekitar kita. Setiap usaha yang menghasilkan salah satunya dari UMKM ini harus memiliki andil untuk negara.

Jadi pemilik usaha kecil juga perlu memberikan sumbangsih kepada negeri dengan membayar pajak secara rutin. Meskipun dalam jumlah yang kecil, dari mereka dapat membangun negeri dan tentunya meningkatkan keberlangsungan bisnis yang mereka jalankan. Pemungutan pajak UMKM sebelumnya adalah 1% dan kini berubah menjadi 0,5% saja. Apa sajakah yang menjadikan alasan mengapa diturunkan pajak UMKM ini?

pajak umkm hanya 05 persen

Alasan Pemerintah Menurunkan Pajak UMKM

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan (PPh) atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Terdapat penurunan PPh untuk pelaku UMKM. Sebelumnya menggunakan PP Nomor 46 Tahun 2013.

Secara umum ketika anda melihat besaran pajak, pastinya akan merasa keberatan dengan nilai tersebut. Semakin besar nilai pajak, maka secara tidak langsung akan berpengaruh pada laba bersih yang didapat menjadi lebih sedikit. Apalagi untuk bisnis UMKM dengan penghasilan dibawah 300 juta dalam satu tahun. Berikut beberapa alasan Pemerintah menurunkan pajak UMKM:

Tarif Pajak Sebelumnya Dirasa Terlalu Besar

Berdasarkan diskusi Forum Merdeka Barat, di Gedung Kementerian Informasi dan Informatika pada tahun 2018 lalu. Banyak yang melontarkan protes bahwa pajak sebesar itu dinilai terlalu tinggi untuk usaha kecil. Jadi penurunan jumlah pajak yang dibebankan pada usaha tersebut telah melalui diskusi dengan pihak terkait termasuk pelaku usaha sendiri.

Agar Mampu Mempertahankan Usaha

Semakin kecil nilai pajak yang diatur pada sebuah usaha memungkinkan sebuah usaha mendapatkan lebih banyak keuntungan. Sehingga keuntungan ini bisa digunakan untuk melebarkan sayap usaha. Atau akan lebih mampu meningkatkan kemampuan badan usaha agar bisa mempertahankan usahanya.

Mendorong Masyarakat Dalam Kegiatan Ekonomi Formal

Karena jumlah penarikan pajak lebih rendah dari aturan sebelumnya, maka anda akan berharap bahwa menjalankan usaha itu tidaklah dibebankan biaya banyak. Semakin banyak masyarakat yang memulai usaha dengan dorongan pajak yang kecil, sehingga pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat lajunya.

Adapun alasan lain yang dapat diperhitungkan membuat Pemerintah menurunkan besaran pajak sekaligus sebagai tujuannya yaitu:

  • Memberikan rasa keadilan
  • Memberikan kemudahan dalam wajib pajak
  • Kesempatan untuk berkontribusi terhadap negara menjadi lebih mudah
  • Meningkatkan pengetahuan tentang pajak kepada masyarakat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *